Blog Pertama…

Standar


Hula…..
Sebetulnya ini bukan blog pertamaku sih… tapi iya juga kalo di wordpress, coba2 aja nulis… kali aja bisa dinikmati oleh pembaca** sekalian *yakin banget kalo ada yang mau baca*….

Blog kali ini aku pingin nulis sesuatu yang formal.. jadi aku sedikit ngeresume tentang risk assesment.
Resiko sering ditafsirkan sebagai potensi kerugian dan penyimpangan negatif hasil usaha dari harapan atau target. Resiko dapat berarti resiko di bidang keuangan, resiko lingkungan, resiko pemasaran dan lain sebagainya

Nature dari resiko adalah ketidak pastian sehingga kita susah untuk memprediksikan dengan tepat dimana resiko tersebuat akan muncul. resiko melekat pada faktor-faktor operasional yang tak terhingga dan selalu berkembang. Yang dapat dilakukan adalah melaksanakan pengembangan secara terus menerus sehingga organisasi mampu mengidentifikasi peluang. http://www.quadrantconsultant.com

Menyimpulkan dari resume artikel diatas, sudah jelas bagi kita bahwa susah sekali untuk mengidentifikasi resiko secara tepat. Karena semakin besar operasi suatu perusahaan,akan semakin besar pula resiko yang harus dihadapinya. Resiko adalah suatu konsekwensi dari suatu perkembangan atau suatu kemajuan, bukan berarti perusahaan yang stagnan lebih sedikit menghadapi resiko. Perusahaan yang stagnan atau diam ditempat akan menghadapi resiko yang lebih besar daripada perusahaan yang berkembang kesimpulan gw sendiri.

Karena dunia usaha terus berkembang, perusahaan yang stagnan akan menghadapi resiko paling besar dari segala resiko bisnis yaitu shutdown point risk… *asal* atau secara harfiah dapat diartikan sebagai resiko kebangkrutan. Jadi untuk perusahaan modern tidak ada kata lagi selain mengikuti perkembangan dunia bisnis yang terjadi saat ini.

Nah disini sistem pengendalian internal ala Comitee of Sponsoring Organization of the Treadway Comission (COSO) menitik beratkan pada penilaian resiko, pada point ke 2. Intinya bagaimana tanggap terhadap resiko dan sebisa mungkin mengendalikan resiko tersebut dan jika mungkin mengubah resiko tersebut menjadi peluang.

 

4 thoughts on “Blog Pertama…

  1. aang

    bos boleh juga tuh blog. gimana kalau kita bikin blog bareng. nah isinya ya tentang SIA PDAM, SAKD, dll. intinya kita nulis permasalahan mengenai tugas kita. jadi kayak bahan review kita gitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s